Minggu, 21 Mei 2017

Sindoro, Pelan-Pelan Kugapai Puncakmu

Pagi pun tiba, tetapi rintik hujan masih setia menemani sinar mentari yang muncul malu-malu. Jam 10 pagi baru hujan reda dan kita (saya, bang Babal, bang Menong) berangkat menuju Sindoro. Perjalanan dari basecamp Sindoro desa Garung ke pos 1 memakan waktu kurang lebih satu jam, tetapi bagi teman-teman yang ingin mempersingkat perjalanan, ada jasa angkutan ojek yang akan mengantarkan sampai ke pos 1,5.

Bang Menong (Kuning) dan Bang Babal (orange) menuju pos 1

Pemandangan dari basecamp ke pos 1 dihiasi dengan ladang-ladang daun bawang di kiri-kanan sepanjang perjalanan. Pos 2 berada di ketinggian 2120 mdpl, dan ada sebuah shelter kecil bagi para pendaki untuk beristirahat. Trek pos2 ke pos 3 berupa tanah merah dan pepohonan rimbun. Pos 3 merupakan pos yang biasa dipakai para pendaki untuk ngecamp. Tempatnya disini cukup luas dan merupakan batas vegetasi. Kami memilih untuk ngecamp di pos 3, supaya turunnya tidak terlalu jauh. Sebenarnya selain di pos 3, kita bisa memilih untuk ngecamp di sunrise camp yang letaknya 300m diatas pos 3.
Pemandangan dari Pos 3

Perbaikan gizi dulu wkwk

Untuk pemandangan di pos 3 cukup bagus. Kita bisa melihat gunung Sindoro sebelah selatan dan pemandangan di malam harinya sangat menakjubkan, kerlap kerlip lampu kota Wonosobo serta kecamatan Temanggung menjadi pemandangan yang menarik.
       Malam itu kami memutuskan untuk memasak tempe orek sembari menikmati kopi. Kami menawarkan kopi ke tetangga sebelah. Sungguh menyenangkan berbagi cerita serta perbekalan dengan pendaki lain. Udara dingin berhembus keras, menyuruh kami beristirahat secepatnya. Secepatnya kami beristirahat, tak sabar untuk menggapai puncak kedua kami (double S).
        Pagi menjelang. Sekitar pukul 5 pagi, ntah kenapa badan menjadi sekeras batu untuk bangun. Mata perlahan menutup, kembali tidur. Jam 6:30 aku dibangunkan oleh bang Babal. Bang babal dan bang menong memutuskan untuk tidak muncak dikarenakan encok dan sakit kaki. Mereka memilih menungguku di tenda. Aku segera bangun dan melakukan peregangan singkat, hanya membawa buku catatan dan hp. (Sebenarnya agak tidak rela juga naik sendiri, tapi mau apa dikata mereka sedang sakit :(

Nyasar :'(

Pos 4
View Sumbing dari Sindoro

Naik dengan kecepatan penuh, aku sempat tersesat saat menuju pos 4. Masuk menembus semak belukar yang penuh duri-duri tajam berhasil merobek sebagian jaket, tak apalah seakan akan ini sebuah kenangan dari Sang Sindoro. Jalan menuju puncak dipenuhi kabut tebal serta bau belerang yang sangat kuat. Buff yang dibasahi dengan air menjadi senjata pamungkas melawan bau belerang agar sampai ke puncak. Tidak ada lagi bonus sekarang, tanjakan curam berpasir menjadi medan yang harus ditaklukkan. Kelemahan disaat kita memakai sendal gunung dapat dirasakan ketika medan yang kita lalui berpasir, pinjakan menjadi tidak sempurna sehingga rawan jatuh.
Sesampainya diatas aku mendapati diriku hanya seorang diri di puncak. Samar-samar terdengar suara orang tetapi kabut tebal membatasi pandangan sehingga untuk berjalan amatlah hati-hati, salah langkah kita akan masuk ke kawah Sindoro :(
        Rupanya orang-orang berkumpul di sebelah utara, berfoto ria dengan background kabut. Aku pun meminta tolong pada mereka untuk mengabadikan diriku yang bersusah payah mencapai puncak. Cukup 30 menit di puncak karena menurut hematku kabut tidak akan turun dalam waktu satu jam. Perjalanan turun dari puncak ke pos 3 hanya memakan waktu 1 jam Subhanallah! Mungkin karena tidak ada bawaan dan pengen cepat nyampe basecamp :D
Puncak!!!

Kabut Everywhere

Pukul 9 pagi kami sudah beres-beres alat dan turun perlahan-lahan. Kaki Bang Menong yang sakit lebih terasa saat turun. Untuk di pos 2, shelter yang kemaren ada sekarang sudah dirobohkan. Kami istirahat sambil melihat para pemuda Grasindo (Gabungan Remaja Anak Sindoro) sedang menebang pohon besar. Sesampainya di pos 1, 5 (pos buat ojek) kami memutuskan naik ojek agar bisa menempuh perjalanan ke basecamp sesingkat-singkatnya.
Sebelum Turun Kita Foto Dulu

Sampai di basecamp dan beristirahat. Kami makan di warung yang terdapat pada salah satu pasar di jalan raya Kledung. Warung disini sangat murah! Kami yang terbiasa dengan harga warteg di Jakarta begitu kaget ketika membayar padahal kami pesan ayam, lele jumbo, tempe mendoan, sayur nangka, dan masih banyak lagi. Kenyang!
          Selesai makan kami berbincang-bincang. "Lu jadi lanjut setelah ini ke double M?"  "Yakin lah bang, nanggung kalau gak dikhatamin hehe" "Kalau lu jadi lanjut ke Slamet bang?" " Gak tau nih, liat kondisi cuaca juga, kalau cuaca buruk ya batal" " Bang Menong gimana?" " Wah aku cukup dua ini saja dulu, udah sakit dengkulku". Begitulah percakapannya hehe

Akhirnya aku berpisah dengan dua orang baik yang memang ditakdirkan menemaniku sepanjang perjalanan double S. Begitu banyak kenangan dan pengalaman dalam perjalanan singkat yang kurasa tak akan kudapati di bangku sekolah manapun. Semoga kita dapat melakukan perjalanan bersama lagi bang Menong dan bang Babal. Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat selalu! (Bersambung)